10/06/2016

8 Penyebab Kanker yang Ada di Kamar Tidur Anda

Mengonsumsi makanan sehat dan hidup dalam lingkungan yang sehat, merupakan faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Hal pertama yang tak boleh luput dari perhatian adalah kamar tidur Anda.

Ya, biasanya, kebanyakan orang hanya memahami bahaya dari produk-produk beracun yang ada di dalam rumah mereka saja. Tapi, jarang ada yang menyadari ada bahaya yang mengintai di kamar tidur Anda, dimana kita menghabiskan hampir sepertiga hidup di sana.

Membuat kamar tidur Anda bersih dan terbebas dari kanker merupakan hal yang sulit dan mahal. Untuk itu, Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Segera lakukan tindakan, karena ada 8 penyebab kanker di tempat tidur Anda.

1. Ganti bantal dan sarungnya dengan bahan organik
Umumnya, orang berpikir bantal dan sarung bantal akan lebih aman jika memilih bahan sintesis. Namun sebenarnya, 25 persen dari insektisida dan 14 persen pestisida yang ada pada kapas telah mencemarinya. Untuk itu, ganti bantal dan sarung bantal Anda dengan bahan organik yang lebih aman.

2. Keluarkan bahan fabric dari tempat tidur, kamar tidur dan lemari Anda.
Cobalah untuk mengganti pakaian bebas kerut Anda dengan bahan organik, karena bahan ini dapat melepaskan senyawa berbahaya yang dikenal sebagai  formaldehydes, yang dapat merusak kesehatan Anda.

3. Karpet.
Karpet memang terlihat bagus jika ditempatkan di kamar tidur. Tetapi, karpet dapat menjadi sarang debu, tungau debu dan alergen, yang dapat menjadi sumber banyak masalah. Karpet biasanya terbuat dari bahan polyester dan antimony yang dapat berakibat fatal. Karpet juga telah ditemukan mengandung olefin dan nilon.

4. Gunakan cat non-VOC
Saat Anda mengecat rumah, pilihlah cat yang mengandung senyawa organik nonvolatile. Karena VOC yang terkandung dalam cat, dapat bereaksi terhadap unsur-unsur lain di udara untuk menghasilkan ozon yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

5. Minimalkan jumlah perangkat listrik
Perangkat listrik dapat mengganggu pola tidur Anda. Jadi, pastikan untuk tidak menempatkannya di kamar tidur Anda.

6. Ganti atau tutupi kasur Anda
Mengganti kasur memang tidaklah murah. Kasur biasanya disemprot dengan flame retardants dan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Jika Anda tidak mampu untuk menggantinya, pastikan untuk menutupinya dengan penghalang foil.

7. Gunakan pembersih udara
Pembersih udara memang mahal, tetapi Anda bisa menggunakan pembersih udara portabel yang bisa Anda pindahkan dari kamar ke kamar. Pastikan pembersih udara Anda memiliki filtrasi HEPA dan tidak mengandung ozon.

8. Zona bebas sepatu
Tempatkan rak sepatu Anda di depan pintu, bukan di dalam kamar tidur Anda.

Sumber: Education of Soul

loading...