9/28/2016

Jika Ginjal Anda dalam Bahaya?, Tubuh akan memberikan 5 Tanda Ini

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh manusia, terletak di bawah tulang rusuk, dan bertanggung jawab untuk detoksifikasi dan pembersihan sistem, karena ginjal menyaring 10-150 liter darah setiap harinya.

Fungsi ginjal sangat penting bagi darah dan seluruh tubuh. Ginjal mengeluarkan kelebihan cairan dan kotoran dari tubuh, menjaga kesehatan tulang, menyeimbangkan elektrolit, menstabilkan tekanan darah, dan meningkatkan jumlah sel darah merah.

Oleh karena itu, jika fungsi ginjal terancam, seluruh tubuh juga akan terkena dampaknya. Untuk itu, Anda harus mengenali tanda-tanda kerusakan atau gagal ginjal berikut ini untuk mencegah masalah besar terjadi.

1. Perubahan urine
Gejala yang paling umum dan awal meliputi:
  •     Urine berbusa
  •     Urine gelap, sering buang air kecil dan dalam jumlah kecil
  •     Sering buang air kecil di malam hari
  •     Kesulitan buang air kecil
  •     Warna urine pucat, sering buang air kecil dan dalam jumlah besar
2. Pembengkakan
Dalam kasus fungsi ginjal melemah, ginjal gagal mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh, sehingga menyebabkan pembengkakan di wajah, tungkai dan sendi.

3. Sesak napas
Tanda ini sering dikaitkan dengan kerusakan ginjal. Berkurangnya sel darah merah, karena akumulasi racun di dalam paru-paru, akan mengurangi jumlah oksigen di dalam tubuh.

4. Susah konsentrasi dan pusing
Gagal ginjal dan anemia berat menyebabkan aliran oksigen ke otak jadi terhambat, dan ini berakhir pada masalah memori, konsentrasi buruk, dan pusing.

5. Rasa sakit
Jika timbul rasa sakit di daerah ginjal, ini menunjukkan adanya batu ginjal atau infeksi saluran kemih.

Agar ginjal tetap sehat, Anda harus mengonsumsi makanan sehat, makanan tinggi antioksidan, serta suplemen, untuk mendukung fungsi ginjal. Dengan demikian, kesehatan Anda secara keseluruhan dapat terjaga.


Sumber: Healthy Food House

loading...