4/11/2016

Setelah Baca Ini, Anda Tidak Akan Makan Sambil Minum Lagi

Saat makan, kebiasaan apa saja yang Anda lakukan? Minum sebelum dan sesudah makan? Atau selalu minum di sela-sela makan? Ya, kebanyakan orang, termasuk saya sendiri, selalu meletakkan segelas air saat makan dan meminumnya di sela-sela makan saat merasa haus.

Namun ternyata, kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan minum sambil makan dapat merugikan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mengapa kebiasaan ini dianggap buruk? Para ahli mengatakan, terlalu banyak cairan selama makan dapat menyebabkan kembung, pencernaan memburuk dan penyerapan nutrisi jadi tidak tepat. Dengan kata lain, Anda disarankan untuk tidak minum setidaknya 30-60 menit sebelum dan setelah makan.

Ini merupakan aturan yang harus Anda patuhi jika ingin terhindar dari masalah pencernaan. Namun, jika Anda benar-benar haus dan tidak bisa menahan tanpa minum, Anda boleh minum tapi hanya sedikit saja. Minum air dalam jumlah banyak saat makan, dapat mencairkan asam klorida dalam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Jika Anda berpikir air minum dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan, Anda salah besar. Yang benar adalah, kunyah makanan dengan perlahan, hindari makan saat Anda sedang stres dan cobalah untuk mengonsumsi makanan pahit dan asam untuk meningkatkan dan memperbaiki pencernaan dan metabolisme tubuh Anda.

Kebiasaan ini dapat merangsang enzim aliran empedu dan menyeimbangkan pemecahan makanan serta penyerapan maksimum nutrisi dalam organ tubuh Anda.


Sumber: Healthy Food Team

loading...